Target Mei 2016 Beroperasi, Pembangunan Terminal 3 Ultimate Soetta Capai 97%

By Admin


nusakini.com - Tahapan pembangunan Terminal 3 Ultimate, Bandara Soekarno-Hatta kini telah mencapai 97%. Hal ini disampaikan direktur Utama PT. Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya Sumadi, Rabu (30/3/2016)

"Ini sudah 97% sekarang tingal tahap commissioning. Kan ada AC (pengatur suhu), kemudian sistem pengambilan bagasi, itu ada alat-alatnya dan sebagainya. Itu perlu commissioning, perlu diujicoba," ujar Budi.. 

Menurut Budi, Pekerjaan uji coba ini, diperkirakan akan menghabiskan waktu sekitar 1 bulan untuk memastikan seluruh sistem elektronik yang terpasang berfungsi dengan semestinya. Sambil menyelesaikan tahap uji coba, pihaknya Angkasa Pura II juga terus menyelesaikan pekerjaan skala kecil yang masuk tahap penyelesaian. 

"Seperti pemasangan plafon, kemudian ada pekerjaan lantai, artwork (hiasan) dan pembuatan taman. Ini pekerjaan yang kecil-kecil tapi penting supaya bandaranya kelihatan lebih hidup," katanya. 

Sebagaimana diketahui, Terminal 3 Ultimate ini merupakan proyek Angkasa Pura II untuk membangun bandara transit internasional yang pembangunannya menelan dana investasi sekitar Rp 7 triliun. Nantinya, bandara ini akan dilengkapi berbagai fasilitas yang diharapkan bisa menyaingi keberadaan Bandara Kuala Lumpur di Malaysia dan Changi di Singapura sebagai bandara transit penerbangan internasional di kawasan Asia. Ditargetkan, Terminal 3 Ultimate siap melayani penumpang pada Mei 2016. (mk)